Udah Senin (Lagi) Aja (?)

Hidup kadang ga jauh-jauh dari nungguin weekend dihari Senin. Iya. Iyain aja pokoknya.

Ada yang lagi siap-siap ke kantor jam segini? Ada yang udah berangkat ngejar kereta atau busway? Buat yang kantornya super jauh dari tempat tinggal, jam 5 pagi bahkan udah berangkat ke kantor. Pasti capek, ya? Bosan? Mau ngeluh?

Well, karena ini blog saya, saya akan memberikan point of view saya sendiri. Sebagai orang yang (sudah) tidak bekerja pagi di hari Senin, saya cukup bahagia karena setiap pagi saya masih bisa leyeh-leyeh setelah bersihin rumah, beresin belanja mingguan (kadang sekalian stok bulanan), mberesin isi kulkas (kadang isinya buat 2 minggu sekalian) yang di mana terkadang pulang belanjanya hari Minggu pagi yang kemudian sekalian ada urusan keluar. Atau sekedar ditaruh di kulkas aja pas dari pasar, trus keluar lagi. Jadi saya sampai rumah udah malem. Cukup melelahkan. Berhubung bulan ini abis lebaran haji, jadi stok protein buanyak sekali ditambah kiriman orangtua dan mertua. Belanja tinggal sayuran dan bumbu-bumbu aja. Trus kenapa lumayan nguras waktu mberesin kulkas? Karena kata mama mertua, isi kulkas itu dibersihin dulu semua, baru simpen. Misal bawang merah & putih, itu dikupas dulu, cuci, baru masukin wadah, simpen di kulkas. Cabe pun gitu. Jadi, pas mau masak tinggal pake. Itu juga berlaku pada ikan kering, atau sayuran lainnya. Dan itu berlaku hampir pada semuanya, kecuali beberapa sayuran seperti timun, wortel atau kentang itu cukup cuci bersih aja. Kupas pas mau dipake. Lama juga, ya? Iya. Tapi pas masak sebentar. Lebih enak dan bersih pastinya. 

Walaupun gitu, saya tetap bisa bernapas Seninnya, karena jadwal Senin saya kebetulan kosong. Setelah ngurus suami, bikinin sarapan, bikinin bekal sampai berangkat ke kantor, saya bisa lanjut istirahat. Untungnya si “uda” tidak pernah berangkat subuh, jam kerjanya lumayan santai. 
So, buat yang jam segini udah ngantor tadi gimana, dong? Saya juga dihari lain jam segini udah selesai beberes dan udah jalan ke stasiun. Kebetulan saya mengajar hari Selasa dan Kamis pukul 7.30 pagi. Karena ini Jakarta, saya biasanya pukul 5.30 sudah beranjak ke stasiun. Saya berangkat dari Stasiun Cakung menuju Kantor Walikota Jakarta Utara. Bagi yang belum paham, saya tidak naik kereta saja, tapi dilanjutkan dengan transjakarta. Untuk naik transjakarta ini, saya harus turun di Stasiun Jatinegara dan berjalan menuju fly over busway Jatinegara. Lumayan, olahraga. Capek sih, huf. Tapi, karena Jakarta memang susah diprediksi, saya sering sampai di kantor tersebut (kebetulan haltenya tidak jauh dari kantor jadi bisa jalan kaki) sebelum pukul 7 pagi. Saya kepagian. Tapi senang, bisa santai. Daripada lari-lari, buru-buru. Guru saya pernah bilang saat masih SMP, jika kalian tidak bisa tepat waktu seperti Bung Hatta, datanglah lebih awal. Iya, luar biasa pesan beliau. Saya memang suka kecepetan kalau berangkat mengajar sekarang. Tapi ya gitu, bisa santai.

Jadi, buat yang ngantor di hari Senin, sebenernya gak perlu sedih ditinggal weekend, lanjut libur aja. Eh, salah yak? Maksudnya nikmatin aja. Apalagi berangkat ke kantor pagi-pagi itu sangat menyehatkan. Saya pernah hampir 1 bulan tidak pernah kerja pagi dan badan saya sakit semua. Aliran darah gak lancar. Tapi, kalau tetap kekeuh bilang kerja hari Senin itu gak enak, maka berhentilah bekerja. Hehe. Simple. Misal seperti saya, saya tidak bekerja pada hari Senin. Tapi alhamdulillah jadwal saya di jam lain dan hari lain cukup untuk satu bulan makan dan jalan-jalan tiap weekend. Hehe. Ingat, bekerja itu tidak harus pergi ke kantor atau ikut jam kantor yang diset oleh pemerintah. Kalau mau tetap menjalani pekerjaan dengan prestise tersebut jalani dengan bahagia, karena tidak semua orang bisa bekerja seperti Anda semua. Tapi kalau tidak mau, jangan mengeluh. Tinggalkan saja. Dan kerjakan sesuai keinginan Anda. 

Semoga Senin kita semua diwarnai oleh rasa syukur dan bahagia. Selamat hari Senin 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s